Hubungan Pola Makan Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2

Authors

  • Sondang LM Pakpahan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Author
  • Muhammad Nurman Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Author
  • Afiah Afiah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Author

DOI:

https://doi.org/10.70437/excellent.v4i2.248

Keywords:

Kadar Gula Darah, Pasien Diabetes Mellitus tipe 2, Pola Makan

Abstract

Pola makan yang salah akan menyebabkan kadar gula darah pada penderita DM tipe 2 meningkat, sehingga faktor diet atau perencanaan makan sangat penting dalam pengendalian kadar gula darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola makan terhadap kadar gula darah pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2 di Poliklinik Penyakit Dalam Aulia Hospital. Penelitian ini bersifat analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien DM yang berobat di Poliklinik Penyakit Dalam Aulia Hospital yang berjumlah 106 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien DM yang berobat di Poliklinik Penyakit Dalam Aulia Hospital yang berjumlah 96 orang dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner  menggunakan kuesioner pola makan, kuisioner pola makan  terdiri dari 25 pertanyaan menggunakan kuisioner dengan skala likert maka uji validitas yang digunakan uji cronbach’ Alpha sebesar 0.873 dan  kuisioner untuk mengukur kadar gula darah yaitu menggunakan glucometer. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa sebagian besar pola makan responden pada kategori  buruk sebanyak 55 orang (57,3 %) dan sebagian besar responden mengalami hiperglikemia yaitu sebanyak 59 orang (61,5 %). Hasil penelitian juga menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pola makan terhadap kadar gula darah pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2 dengan P value 0,000. Diharapkan pada pasien Diabetes Mellitus tipe 2  dan keluarga  untuk dapat memperbaiki pola makan, mengendalikan berat badan dan meeningkatkan aktivitas fisik agar kadar gula darah dapat dikendalikan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aissyah, D., Qodir, A., Zahra, F. (2022). Pengaruh Aktivitas Fisik dan Pola Makan terhadap Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Mellitus. Media Husada of Nursing Science. Vol 3 No 1: 83-92. Malang: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widyagama Husada..

Amirah, D. F., Sumiaty., Andayanie, E. (2022). Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Diabetes Mellitus pada Masyarakat Usia di atas 40 Tahun di Kabupaten Gowa. Window of Public Health Journal, Vol. 3 No. 3. 502-515. Makassar: Universitas Muslim Indonesia.

Aune D, et al. (2013). Whole grain vs refined grain dan risiko DM tipe 2.

Dafriani, P. (2017). Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik Terhadap Kejadian Diabetes Melitus di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD dr. Rasidin Padang.E Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik Terhadap Kejadian Diabetes Melitus di Poliklinik Penyakit Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik Terhadap Kejadian Diabetes Melitus di Poliklinik Penyakit Rasidin Padang.E-journal Keperawatan, 13(2).

Delfina, S., Carolita, I., Habsah, S. & Ayatillahi, S. (2021). Analisis Determinan Faktor Risiko Kejadian Diabetes Mellitus Tipe 2 Pada Usia Produktif. J. Kesehat. Tambusai 2, 141–151

Delpino FM, et al. (2022). Ultra-processed food and risk of type 2 diabetes: systematic review and meta-analysis. International Journal of Epidemiology. PubMed

Delpino FM, et al. (2022). Ultra-processed food and risk of type 2 diabetes: systematic review and meta-analysis. International Journal of Epidemiology. PubMed

Fitriani, F., Sanghati, S. (2021). Intervensi Gaya Hidup Terhadap Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Pada Pasien Pra Diabetes. Volume 10 Nomor 2. Makassar: STIK Makassar.

Gu X, et al. (2023). Total, processed, dan unprocessed red meat terkait peningkatan risiko DM tipe 2 pada kohort besar AS. American Journal of Clinical Nutrition. Science Direct

Gu X, et al. (2023). Total, processed, dan unprocessed red meat terkait peningkatan risiko DM tipe 2 pada kohort besar AS. American Journal of Clinical Nutrition. Science Direct

Hu Y, et al. (2020). Whole grains dan penurunan risiko DM tipe 2 (meta-analisis kohort). BMJ.

Husna, A., Jafar, N., Hidayanti, H., Dachlan, D. M. & Salam, A. (2022). Hubungan Kepatuhan Minum Obat Dengan Gula Darah Pasien Dm Tipe Ii Di Puskesmas Tamalanrea Makassar. JGMI J. Indones. Community Nutr. Vol 11 No., 20–26

International Diabetes Federation (2025). Idf Diabetes Atlas 11th Edition. International Diabetes Federation.

Isnaini, N. & Ratnasari, R. (2018). Faktor risiko mempengaruhi kejadian Diabetes mellitus tipe dua. J. Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah 14, 59–68

J, H., Padila, Andri, J., Sartika, A. & Andrianto, M. B. (2021). Kualitas Hidup Pasien Diabetes Melitus Tipe 2. J. Kesmas Asclepius 3, 80–87

Kim Y, et al. (2025). Dose-response meta-analysis: asupan ultra-processed foods dan risiko DM tipe 2. Diabetes & Metabolism Journal. e-dmj.org

Kurniasari, S., Sari Nurwinda, N., Warmi, H. (2016). Pola Makan dengan Kadar Glukosa Darah pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. ISSSN: 2527– 368X. Lampung: Universitas Mitra Indonesia.

Lane MM, et al. (2024). Ultra-processed food exposure and adverse health outcomes (umbrella review). BMJ

Li B, et al. (2023). Dose-response meta-analysis minuman berpemanis, minuman pemanis buatan, dan jus buah terhadap risiko DM tipe 2. Frontiers in Nutrition. Frontiers

Li C, et al. (2024). Meat consumption and incident type 2 diabetes (analisis populasi besar). The Lancet Diabetes & Endocrinology. The Lancet+1

Malik VS, et al. (2010). Sugar-sweetened beverages dan risiko sindrom metabolik serta DM tipe 2 (meta-analisis). Diabetes Care. diabetesjournals.org

Nurrnan, M., Arge, W., Wulandari, R. (2023). Perbandingan Efektifitas Senam Chair Based Exercise Dengan Senam Tai Chi Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Desa Koto Perambahan Wilayah Kerja Puskesmas Kampa

Padmi, N. N., Gustaman, A. R., Maywati, S. (2022). Analisis Perilaku Pola Makan Penderita Diabetes Mellitus Tipe II di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kawali Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia. Vol. 18, No. 2. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Perkeni. (2021). Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Dewasa di Indonesia 2021. PB PERKENI. Perkeni 46

Ritonga, N., Ritonga, S. (2020). Hubungan Pola makan dengan Kejadian Diabetes Mellitus RSUD Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia. Sumatra Utara: Universitas Aufa Royhan.

Simon, M. G. & Batubara, S. O. (2020). Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Diabetes Melitus Tipe 2 Pada Usia Dewasa Akhir Di Puskesmas Pasir Panjang Kota Kupang. Carolus J. Nurs. 2, 16–27

Susanti., Bistara, N. D. (2018). Hubungan Pola Makan dengan Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes Mellitus. Jurnal Kesehatan Vokasional. Vol 3, No 1. Surabaya: Universitas Nahdlatul Ulama

Susilowati, A. A., Waskita, N. K. (2019). Pengaruh Pola Makan Terhadap Potensi Penyakit Diabetes Mellitus. Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia, Vol. 5, No. 1. Madiun: Stikes Bhakti Husada Mulia.

Wahyuni, R., Ma’ruf, A., Mulyono, E. (2019). Hubungan Pola Makan Terhadap Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Mellitus. Jurnal Medika Karya Ilmiah Kesehatan, Vol 4. No 2. Samarinda: Stikes Wiayata Husada.

Widiyanto, J., Rahayu, S. (2019). Pengaruh Pola Makan terhadap Kejadian Diabetes Mellitus di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Kota Pekanbaru. Vol. 1. Riau: Universitas Muhammadiyah Riau,

World Health Organization. (2024). Diabetes.

Downloads

Published

2026-06-30

Issue

Section

Articles

Categories

How to Cite

Pakpahan, S. L. ., Nurman, M., & Afiah, A. (2026). Hubungan Pola Makan Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Excellent Health Journal, 4(2), 176-183. https://doi.org/10.70437/excellent.v4i2.248

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1-10 of 122

You may also start an advanced similarity search for this article.